WELCOME TO MY GALLERY
Browse »Home » » Ingin Meraup Poundsterling Dari Internet? Ini Caranya

Ingin Meraup Poundsterling Dari Internet? Ini Caranya


Ilustrasi/Admin (shutterstock)         
ANDA ingin mendapatkan tambahan pemasukan dari internet? Anda ingin mendapatkan cek secara teratur? Dengan metode yang tepat, Anda bisa mendapatkan tambahan pemasukan. Secara teratur Anda bisa mendapat kiriman cek, bukan hanya dalam mata uang dolar namun juga poundsterling.
Salah satu cara mendapatkan pemasukan adalah dengan menjual buku, dalam hal ini buku elektronik, dan menjualnya di Kindle Amazon. Saya sendiri sudah bergaul dengan Amazon Kindle sejak akhir tahun lalu. Dan setiap bulan sejak Januari 2013 saya menerima kiriman cek dengan mata uang dolar. Selain dolar, saya juga sudah menerima empat cek dengan mata uang poundsterling. Gak banyak-banyak amat sih, hehehe. Tapi untuk sekedar nambah-nambah itu sudah lumayan.
Buku seperti apa yang bisa dijual di Amazon Kindle? Pada dasarnya semua jenis buku bisa dijual. Baik yang non fiksi maupun fiksi. Buku non fiksi yang pernah saya buat adalah kategori biografi dan kuliner. Sementara yang fiksi semuanya cerita pendek kategori erotica, thriller, cerita anak dan western, dengan jumlah kata 3.500 hingga 6.000.
Cek poundsterling dari amazon (dok. pribadi)
Cek poundsterling dari amazon (dok. pribadi)
Membuat buku
Jadi, jika Anda ingin ikutan menjual ebook di Amazon Kindle, langkah pertama tentu saja membuat (atau menulis) buku. Tentukan apakah buku yang akan dibuat fiksi atau non fiksi. Biasanya buku non fiksi cenderung lebih gampang dibuat. Namun yang mudah laku yang fiksi. Naskah bisa ditulis dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Portugis, Italia dan Jepang. Tapi supaya pemasarannya lebih luas sebaiknya ditulis dalam bahasa Inggris. Sampai hari ini Amazon Kindle belum menerimaa naskah buku dalam bahasa Indonesia.
Bagaimana jika tak bisa bahasa Inggris? Gak masalah. Anda tuliskan versi bahasa Indonesia kemudian minta teman yang bisa bahasa Inggris untuk menerjemahkan. Atau Anda bisa menggunakan layanan lembaga penerjemahan terdekat. Di internet banyak disediakan fasilitas penerjemahan seperti Google Translate. Tapi sebaiknya Anda tidak menggunakan Google Translate karena hasil terjemahannya masih ngaco dari sisi tata bahasa.
Jika Anda merasa tak bisa (atau malas) menulis, itu tidak masalah. Di Amazon Kindle ada ribuan orang yang gak bisa nulis namun bisa menjual buku. Kok bisa? Ya bisa. Mereka menggunakan jasa pihak ketiga untuk membuat buku. Jadi mereka menghubungi pihak yang secara profesional bisa nulis, dan membayar mereka untuk naskah yang sudah jadi. Di internet ada sejumlah situs yang menyedakan layanan semacam ini, dengan harga yang bervariasi. Di fiverr, misalnya, Anda bisa mendapat satu cerita sebanyak 1500 kata seharga 5 dolar.
Jika enggan mengeluarkan dana, Anda bisa membuat buku menggunakan sumber yang menjadi milik publik (public domain). Buku yang tergolong public domain tak lagi memiliki hak cipta. Semua buku tentang kuliner yang saya buat diolah dari naskah public domain.
Buku yang diolah dari materi milik publik (dok pribadi)
Buku yang diolah dari materi milik publik (dok pribadi)
Membuat cover
Jika naskahnya sudah rampung, kemudian diformat dengan Micosoft Word. Pilih judul yang menarik dan sertakan nama pengarang. Anda bisa memakai nama asli, bisa juga nama pena. Di Amazon Kindle Anda bisa menggunakan nama pena sebanyak yang diinginkan. Saya sendiri punya sekitar 15 nama pena, baik laki-laki maupun perempuan.
Langkah selanjutnya membuat cover. Di Amazon, cover buku sangat penting karena rata-rata calon pembaca menilai buku dari sampulnya. Buku yang covernya amatiran biasanya tidak dilirik.
Cover bisa dibuat sendiri, bisa juga dengan menyewa pihak tertentu yang punya kemampuan profesional. Membuat cover buku sebenarnya tidak sukar. Yang perlu disediakan adalah foto yang sesuai yang resolusinya besar untuk latar belakang. Foto semacam ini bisa didapatkan di sejumlah situs yang menyediakan foto gratis. Foto ini lalu diupload ke situs tertentu yang bisa menambahkan teks. Semua cover buku kuliner, misteri dan biografi yang saya buat, fotonya diambil dari situs foto gratis.
Contoh background cover dari situs gratis (dok pribadi)
Contoh background cover dari situs gratis (dok pribadi)
Selain situs gratis, foto untuk cover bisa dibeli di situs berbayar. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar 2 dolar untuk satu foto. Semua cover kisah western yang saya buat fotonya dibeli dengan harga murah.
Contoh background cover dari situs berbayar (dok pribadi)
Contoh background cover dari situs berbayar (dok pribadi)
Hak cipta
Naskah dan cover yang sudah oke kemudian diupload ke kdp.amazon.com. Naskah akan direview oleh pihak amazon. Biasanya yang dilihat adalah hak cipta dan juga apakah naskahnya bisa diakses secara gratis di internet. Naskah yang diambil dari blog yang bisa diakses gratis biasanya ditolak. Saya pernah membuat buku yang naskahnya saya copas dari Jakarta Post. Amazon kemudian mengirimkan email dan meminta bukti bahwa saya adalah pemegang hak cipta dari naskah itu. Karena saya tak bisa memberikan bukti, buku itu diblok oleh Amazon, hehehe.
Jika naskahnya diterima, selanjutnya dijual di Amazon Kindle. Jika menarik, akan dibeli. Tentu, tak semua buku yang dijual akan dibeli, mengingat ketatnya persaingan. Saat ini setidaknya ada dua milyar buku yang beredar di Kindle Amazon. Jadi persaingan sangat tinggi.
Karena persaingan sangat tinggi, salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan membuat buku sebanyak-banyaknya. Jika punya 100 naskah, misalnya, dan satu naskah laku tiga eks saja, itu sudah lumayan.
Amazon menyediakan fasilitas ‘report’ berisi data penjualan secara real time. Jadi jika ada yang membeli, akan kelihatan. Amazon akan mengirimkan cek jika hasil penjualan mencapai 100 dolar. Begitu juga dengan pound sterling. 

Laporan real time dari Amazon

Laporan real time dari Amazon
Yang perlu diingat, sekalipun bisa mendatangkan uang, namun menjual buku di Amazon Kindle bukanlah “cara cepat untuk menjadi kaya”. Bukan juga metode “mendapatan uang dalam semalam.” Untuk bisa menerima cek, baik dolar maupun poundsterling dibutuhkan aksi berupa kerja. Gak harus kerja keras sih, tapi yang pasti bukan juga kerja yang sembarangan dan asal-asalan.
p.s
Tulisan ini merupakan ringkasan dari buku “Mendapatkan Uang dari Amazon Kindle” yang proposalnya sudah disetujui penerbit namun gak rampung-rampung juga….
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Posting Komentar

 
Kerangka Template by creating website » Template modify by panjz online